Tidak Bisa Berhenti Bekerja, Workaholic atau Stres?

08 June 2017 254 view(s)


Foto: Fotosearch
 

Meski kerap mengeluh, saya tak bisa berhenti memikirkan pekerjaan. Bahkan, waktu berlibur saya kerap saya korbankan untuk bekerja. Apakah itu artinya tanpa sadar pekerjaan telah menguasai kehidupan dan seluruh identitas saya?
 
Berna - Jakarta
 
Menurut konsultan karier, Hayu Prima Indrastuti, rasa tanggung jawab yang besar kepada pekerjaan atau tugas yang dibebankan membuat Anda selalu memikirkan pekerjaan dan berusaha mengerjakannya setiap kali ada kesempatan. Hal ini cukup wajar mengingat Anda pasti memiliki keinginan yang kuat untuk memberikan yang terbaik. Ditambah lagi, dengan kemudahan teknologi yang ada saat ini membuat seseorang mudah mengakses pekerjaannya di mana pun dan kapan pun, sehingga membuat pekerjaan/profesi Anda seolah lengket dan mengikuti setiap saat.

Lama-kelamaan, hal ini bisa membuat Anda merasa bekerja 24/7 seminggu, dan tidak punya waktu untuk kehidupan pribadi. Kerja 24/7 seminggu mungkin tak bisa Anda hindari, namun perlu diingat bahwa Anda tetap sutradaranya. Perasaan tidak memiliki kontrol atas diri dan waktulah yang sebenarnya sering menjadi sumber stres dan rasa bersalah. Hal ini membuat Anda merasa terbebani oleh pekerjaan dan merasa pekerjaan telah menguasai Anda bahkan sampai mengubah identitas Anda.

Mindset yang tepat akan memberi energi bagi Anda untuk menyusun prioritas dalam pekerjaan dan mengelola kehidupan pribadi Anda. Ingat, Andalah yang menentukan kapan harus bekerja dan kapan harus berhenti. Anda pula yang mengatur ritme kerja. Buatlah keseimbangan dengan kehidupan pribadi dan sosial Anda.

Anda juga perlu memikirkan waktu untuk diri sendiri, baik untuk beristirahat ataupun memperbarui energi kerja Anda dengan melakukan hal-hal yang dapat menyegarkan tubuh dan pikiran. Adanya aktivitas ini diharapkan bisa membantu Anda melupakan pekerjaan sejenak dan mengembalikan kualitas kehidupan pribadi serta memperkokoh identitas Anda di lingkungan sosial. Dengan demikian, pekerjaan tidak sampai menguasai kehidupan atau bahkan mengubah identitas Anda. (f)

Baca juga:
Curhat dan Perasaan Berharga Bisa Membantu Anda Keluar dari Stres
Wanita Ternyata Lebih Gampang Stres, Ini Faktanya

Stephanie Mamonto